JERUSALEM

JERUSALEM
SOLIDARITI BERSAMA PALESTIN

Thursday, June 26, 2014

Negara Kafir buat satu rumah ibadat bagi tiga agama ...


Satu pertandingan seni bina telah diadakan dan pemenang telah dipilih. Reka bentuk menarik adalah untuk sebuah bangunan konkrit yang tinggi, menara pusat persegi. Bangunan ini akan menjadi rumah-rumah ibadat bagi tiga agama - sinagoga, gereja dan masjid.

 Lokasinya ditapak terkemuka, Petriplatz - di tengah-tengah Berlin. Demikian lapor wartawan BBC, Stephen Evans.

 Tempat saling belajar

 Tempat ini sangat penting menurut salah satu pemimpin agama yang terlibat, Rabi Tovia Ben Chorin.

 "Dari sudut pandang Yahudi, kota tempat penderitaan warga Yahudi direncanakan sekarang menjadi kota di mana dibangun pusat tiga agama monoteistik yang membentuk kebudayaan Eropa," katanya kepada BBC.


 Apakah mereka bisa bekerja sama? "Kami bisa. Masalah kami adalah terdapat orang-orang di dalam masing-masing kelompok yang tidak bisa melakukan ini, tetapi kita harus memulainya dan inilah yang kami lakukan." 

 Imam yang terlibat, Kadir Sanci, memandang Rumah Kesatuan adalah "isyarat kepada dunia bahwa mayoritas warga Islam cinta perdamaian dan tidak menyukai kekerasan".

 Ini juga, katanya, tempat di mana kebudayaan yang berbeda dapat saling belajar.

 Ketiga tempat ibadah bagi masing-masing agama di dalam Rumah Kesatuan akan sama ukurannya, dengan bentuk yang berbeda-beda. Demikian ujar arkiteknya, Wilfried Kuehn.



Setiap kepercayaan akan memastikan caranya yang tersendiri dalam kawasan sendiri, Pastor Hohberg berkata.

 "Di bawah satu bumbung: Satu rumah ibadat, sebuah masjid, satu gereja Kami mahu menggunakan bilik-bilik ini dengan tradisi dan doa kita sendiri Dan bersama-sama kita mahu menggunakan bilik di tengah-tengah untuk dialog dan perbincangan dan juga bagi orang-orang tanpa ugama..

 "Berlin adalah sebuah bandar di mana orang datang bersama-sama dari seluruh dunia dan kami mahu memberi contoh yang baik kebersamaan." SUMBER
Comments
0 Comments

No comments :

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...